Hojicha Chatime (Picture by @chatimeindo)

Halo, buat kamu pecinta Chatime pasti selalu menunggu inovasi baru brand minuman favoritmu ini kan? Yak, seperti yang kita tahu, Chatime pada tanggal 15 Januari 2021 kemarin merilis menu baru yang diklaim sebagai rasa teh seru, yaitu Chatime Hojicha.

Series Hojicha Chatime kali ini ada tiga menu yang bisa kita nikmati, yaitu Hojicha Mousse, Hojicha Latte, dan Hojicha Milk Tea. Nah, kebetulan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan review tentang ketiga minuman tersebut.

Eitss, sebenarnya hojicha itu apa ya? Soalnya sering banget nih saya dapet pertanyaan “Hojicha itu apa?” Sebelum masuk ke review minuman, izinkan saya menjelaskan apa itu hojicha secara singkat.

Hojicha termasuk dalam kategori teh hijau Jepang, namun berbeda dengan matcha dan green tea, hojicha ketika diseduh airnya akan cenderung berwarna coklat kemerahan. Hal ini terjadi karena proses pengeringan yang mengubah daun teh menjadi kering atau bubuk. Proses pengeringan daun teh untuk menjadi hojicha dilakukan dengan cara dipanggang di dalam pot berbahan porselin di atas arang. Pemanggangan inilah yang membuat warna daunnya berubah menjadi coklat kemerahan dan menjadikan hojicha rendah kafein.

Sebelumnya, saya pernah mereview dan memberikan rekomendasi Chatime Brown Sugar di sini. Tentu, soal taste memang nggak bisa bohong ya, setiap orang punya cita rasanya sendiri, nah, ini sebagai gambaran sekaligus rekomendasi saya sebelum kamu mencoba series Hojicha Catime ya. Saran saya sih, alangkah lebih baiknya kalau kamu coba semua varian terbaru series Hojicha Chatime biar lebih mantap. Yuk mari review..

1. Hojicha Mousse

Hojicha Mousse

Menurut saya, rasa hojicha sendiri cenderung agak pekat, sedikit pahit dan manis ya, aroma teh panggangnya mirip menu Chatime lain seperti brownrice genmaicha dan roasted tea, mirip yaa, hanya saja kalau hojicha ini lebih kuat aromanya. Warna hojicha coklat pekat dan sangat berbeda dengan matcha yang berwarna hijau.

Hojicha Mousse adalah teh hojicha yang dipadu padankan dengan topping mousse cream. Nah, rasa hojicha yang agak pekat ini ternyata bisa berubah menjadi creamy, manis, dan enak banget pokoknya. Cream mousse yang dijadikan topping di atasnya, selain mempercantik tampilan minumannya, justru ketika dishake malah menyamarkan rasa pekat hojicha. Kalau dibandingkan dengan Matcha Mousse? Hojicha Mousse lebih unik, khas Hojicha-nya tidak bisa hilang begitu saja.

Saya beri rate 9.5/10 untuk Hojicha Mousse sekaligus menjadi rekomendasi yang pertama. Hanya dengan 25.000 rupiah sudah bisa menikmati Hojicha Mousse ukuran reguler dan 29.000 rupiah untuk ukuran large. Tagline Chatime Indonesia yang menghadirkan rasa teh seru ala Jepang, Hojicha Mousse rasanya seru banget deh, nggak boleh dilewatin dan harus dicoba.

2. Hojicha Latte

Hojicha Latte

Perpaduan antara Hojicha dan fresh milk membuat Hojicha Latte nggak terlalu manis dan lebih menyegarkan ketika diminum. Rasa Hojicha Latte lebih ringan jika dibandingkan dengan varian Hojicha Chatime lainnya, bahkan hampir tidak terasa pekatnya hojicha. Keunggulan Hojicha Latte Chatime menurut saya adalah bubuk hojicha-nya yang lembut. Saya pernah meminum Hojicha Latte dari brand lain, tetapi bubuknya agak kasar, justru malah mengganggu ketika diminum. Persamaannya dengan Green Tea Latte dan Matcha Latte, Hojicha Latte dari segi tampilan juga ada dua layer yang pasti instagramable, hehe. Aroma smoky yang sedap tentu menjadi khas hojicha. Cobain deh, seger banget pokoknya.

Hojicha Latte menjadi rekomendasi kedua saya untuk kamu yang ingin mencoba series Hojicha Chatime, ratenya adalah 9/10. Harga Hojicha Latte juga sama dengan Hojicha Mousse, 25.000 rupiah untuk reguler dan 29.000 rupiah untuk large. Gimana? Kamu sudah yakin untuk menikmati kesegaran Hojicha Latte, kan?

3. Hojicha Milk Tea

Hojicha Milk Tea

Hojicha yang dimix dengan milk tea khas Chatime menjadi rekomendasi terakhir saya untuk series Hojicha Chatime. Eits, tapi ratenya cukup tinggi juga, 8.5/10. Memang yaa, ketiga varian ini rasanya unik banget, makanya rate yang saya beri nggak terlalu jauh. Hojicha Milk Tea rasanya di tengah-tengah, hmm, maksudnya nggak terlalu berat dan nggak terlalu ringan seperti dua varian lainnya. Pahit? No, menurut saya, tak terasa pahit sama sekali pada Hojicha Milk Tea, bahkan nggak ada rasa yang tertinggal seperti dia loh, eh. Rasanya lembut, nggak sepahit matcha, aromanya sedikit wangi, mungkin karena ada campuran dari milk tea khas Chatime kali ya.

Hojicha Milk Tea mempunyai berbagai varian yang bisa dinikmati dengan harga yang cukup affordable loh. Hojicha Milk Tea reguler saja cuma 24.000 rupiah, sedangkan 28.000 rupiah sudah dapat yang large. Khusus Hojicha Milk Tea, ada varian Popcan Hojicha Milk Tea dengan harga 29.000 rupiah yang kemasannya unik plus mudah dibawa untuk jadi temen traveling. Hojicha Milk Tea Gede Banget juga ada, cocok untuk dinikmati rame-rame hanya 65.000 rupiah saja.

Jadi gimana? Masih ragu dan bingung buat coba Hojicha Chatime? Santai aja, seperti halnya kategori teh hijau lainnya, hojicha juga punya segudang manfaat kok, salah satunya adalah dapat membuat relaks sehingga dapat mengurangi stres. Menurut Keiko Unno dari University of Shizuoka Japan dalam penelitian berjudul “Effect of Theanine and Other Ingredients of Tea on Stress and Aging” tahun 2017, theanine yang terkandung dalam green tea memberikan efek anti stres.

Yak, kalau lagi cari minuman untuk mengembalikan mood, varian Hojicha Chatime sepertinya patut dipertimbangkan ya 🙂

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *